Selesai Kisi-Kisi UN Smp 20016 - Ira Permata

Kisi-Kisi UN Smp 20016

Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Pengetahuan dan pemahaman  Mengidentifikasi  Menentukan  Memaknai
Siswa mampu - menentukan makna
kata/kalimat pada teks - menentukan informasi
tersurat teks - menentukan bagian
teks
Siswa mampu - menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel - menentukan makna
tersurat dalam cerpen dan fabel - menentukan bagian
cerpen dan fabel
Siswa mampu - melengkapi teks
dengan kata atau kalimat
Siswa mampu - menunjukkan kesalahan
penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragraf
Siswa mampu - menunjukkan
kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca
Aplikasi  Menunjukkan bukti  Menyimpulkan  Menemukan ide  Menginterpretasikan  Menggunakan  Menyusun
Siswa mampu - menentukan ide pokok
teks - menyimpulkan isi teks - menyimpulkan
pendapat (pro/kontra) - meringkas isi teks
Siswa mampu - menyimpulkan makna
simbol dalam cerpen dan fabel - menyimpulkan isi tersirat
dalam cerpen/fabel - menyimpulkan
sebab/akibat konflik
Siswa mampu - menyusun urutan
kalimat berbagai jenis teks - melengkapi kata, kalimat, paragraf
Siswa mampu - menggunakan istilah
dalam kalimat - menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Siswa mampu - menggunakan ejaan - menggunakan tanda
baca
Penalaran  Mengevaluasi  Membandingkan  Menanggapi  Merefleksi
Siswa mampu - membandingkan
penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks - menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
Siswa mampu - membandingkan pola
pengembangan cerpen dan fabel - membandingkan
penggunaan bahasa cerpen dan fabel - mengomentari isi, pola
pengembangan/ bahasa
Siswa mampu - mengubah teks ke dalam bentuk lain - menulis teks singkat
sesuai dengan konteks
Siswa mampu - memperbaiki kesalahan
penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf - menentukan alasan
kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Siswa mampu - memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca - menentukan alasan
kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca Keterangan Jenis teks yang digunakan adalah: Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016
1. Bahasa Indonesia
Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca Satra Menulis Terbatas
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
2. Bahasa Inggris
Level Kognitif Fungsi Sosial Struktur Teks Unsur Kebahasaan
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
Siswa mampu: - mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu : - mengidentifikasi langkah kerja /
urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu: - mengidentifikasi ungkapan/kata yang
memiliki makna yang sama yang terdapat dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Aplikasi
 Mengklasifikasi  Menentukan  menerapkan
Siswa mampu : - siswa mampu menerapkan fungsi detil dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu: - siswa mampu menentukan susunan
kata/kalimat acak dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) yang tepat
Siswa mampu: - menentukan kata yang tepat untuk
melengkapi teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report - menentukan bentuk gramatika yang tepat sesuai konteks dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Penalaran
 menyimpulkan  menganalis
Siswa mampu: - menyimpulkan fungsi/ akibat/efek setelah
membaca teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
Siswa mampu : - menyimpulkan hasil dari langkah-
langkah tindakan yang terdapat dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
Level Kognitif Fungsi Sosial StrukturTeks UnsurKebahasaan
Pengetahuan dan pemahaman - Mengidentifikasi
Siswa dapat: - Mengidentifikasi topik/tujuan teks
fungsional pendek - Invitation - Announcement - Advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report
Siswa dapat : - Mengidentifikasi langkah kerja
/urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks esai pendek: - Procedure - Recount - Narrative - Descriptive - Report
Siswa dapat: - Mengidentifikasi ungkapan/kata yang
memiliki makna yang sama dalam teks fungsional pendek
- Invitation - Announcement - Advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report
- Menentukan kata atau bentuk gramatika yang tepat untuk melengkapi teks esai pendek
- Narrative - Recount - Procedure Penerapan  Mengklasifikasi  Menentukan  menerapkan
Siswa dapat :
- Menerapkan fungsi detil dari setiap
langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks fungsional pendek - invitation - announcement - advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative
Siswa dapat: - Menjelaskan keterkaitan antara langkah
satu dengan yang lainnya dalam teks fungsional pendek - Invitation - Announcement - Advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
Level Kognitif Fungsi Sosial StrukturTeks UnsurKebahasaan
- Report
- Menentukan susunan kata yang tepat
dalam kalimat yang terdapat dalam teks esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report Penalaran  menyimpulkan  menganalisis
Siswadapat: - Menentukan akibat setelah membaca teks
fungsional pendek - Invitation - Announcement - Advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report
Siswadapat : - Menyimpulkan hasil dari langkah yang
dilakukan atau tidak dilakukan dalam teks fungsional pendek - Invitation - Announcement - Advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
3. Matematika
Level Kognitif Bilangan Aljabar Geometri dan Pengukuran Statistika dan Peluang
Pengetahuan dan Pemahaman  Mendeskripsikan  Membuat tabulasi  Menghitung  Menginterpretasi  Memprediksi  Menentukan
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang: - operasi bilangan bulat dan
sifat-sifatnya - operasi bilangan pecahan dan
sifat-sifatnya - operasi bilangan berpangkat
dan sifat-sifatnya - operasi bilangan bentuk akar
dan sifat-sifatnya - pola barisan bilangan - barisan dan deret - aritmetika sosial - perbandingan
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang: - bentuk aljabar - persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel - sistem persamaan linier dua
variabel - himpunan dan diagram
venn - relasi atau fungsi - persamaan garis lurus
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang: - hubungan garis dan sudut
serta ukurannya - konsep segiempat dan
segitiga serta ukurannya - teorema pythagoras - unsur/bagian lingkaran serta
ukurannya - unsur bangun ruang sisi datar
maupun lengkung - luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar maupun lengkung - kesebangunan dan kongruen
bangun datar
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang: - menyajikan dan
mendeskripsikan data dalam bentuk diagram batang, garis atau lingkaran - rata-rata, median,
modus - titik sampel, ruang
sampel dan peluang
Aplikasi  Mengklasifikasi  Mengeskperimen data  Mengonstruk  Menyelesaikan masalah
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - operasi bilangan bulat dan
sifat-sifatnya - operasi bilangan pecahan dan
sifat-sifatnya - operasi bilangan berpangkat
dan sifat-sifatnya - operasi bilangan bentuk akar
dan sifat-sifatnya - pola barisan bilangan - perbandingan - aritmetika sosial
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel - operasi dua himpunan - relasi atau fungsi - persamaan garis lurus - sistem persamaan linier
dua variabel
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - teorema Pythagoras - unsur-unsur/bagian lingkaran - unsur-unsur bangun ruang - kesebangunan dan
kekongruenan segitiga - luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar maupun lengkung
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - rata-rata, median,
modus - penyajian data dalam
bentuk diagram batang, garis atau lingkaran - ruang sampel dan
peluang sederhana
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
Level Kognitif Bilangan Aljabar Geometri dan Pengukuran Statistika dan Peluang
Penalaran  Menjelaskan  Membedakan  Menafsirkan  Menyimpulkan
Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - bilangan bulat - pecahan - barisan dan deret - aritmetika sosial - perbandingan
Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - persamaan linier dua
variabel - penggunaan konsep
himpunan - penggunaan konsep fungsi
Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - kesebangunan segitiga
Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - rata-rata, median,
modus - penyajian data dalam
bentuk diagram batang, garis atau lingkaran
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
4.1 BIOLOGI
Level Kognitif Makhluk hidup dan lingkungannya Struktur dan fungsi makhluk hidup
Pengetahuan  Mengidentifikasi  Mendeskripsikan  Mengklasifikasi  Menunjukkan  Menjelaskan  Menentukan
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep: - gejala alam biotik dan abiotik - ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup - keragaman pada sistem organisasi kehidupan - interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep: - sistem gerak pada manusia - sistem pencernaan manusia - sistem peredaran darah - sistem pernafasan - sistem ekskresi - sistem reprodusi manusia - jaringan tumbuhan - kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan bereproduksi Aplikasi  Memberi contoh  Menyimpulkan  Menerapkan  Menghubungkan  Memprediksi  Membandingkan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan - kepadatan populasi manusia - pencemaran lingkungan - alat untuk mengenal gejala-gejala kehidupan - prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - faktor-faktor yang berpengaruh pada sistem gerak - percobaan dalam sistem pencernaan - mekanisme peredaran darah - percobaan sistem pernapasan - menjaga kesehatan sistem ekskresi - kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia - keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan - percobaan fotosintesis - kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan bereproduksi Penalaran  Menganalisis  Mensintesis  Mengevaluasi  Menilai  Memperpimbangkan  Memecahkan masalah  Memberi argumen
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - pengelolaan lingkungan untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan - dampak interaksi makluk hidup dan
lingkungannya - pengaruh kepadatan populasi manusia pada
makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - keterkaitan antara sistem organ pada manusia - keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan - pola hidup sehat - manfaat perkembangbiakan tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan
manusia - percobaan fotosintesis
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016
4.2 FISIKA-KIMIA
Level Kognitif Pengukuran, zat dan sifatnya Mekanika dan Tata Surya Gelombang, Listrik dan Magnet
Pengetahuan dan pemahaman
 Mengidentifikasi  Menyebutkan  Menunjukkan  Membedakan  Mengelompokkan  Menjelaskan
Siswa mampu memahami tentang: - pengukuran - besaran dan satuan - konsep zat dan wujudnya - zat serta perubahannya - zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika - partikel zat - pencemaran - campuran - larutan
Siswa mampu memahami tentang:
- gerak lurus - hukum newton - usaha dan energi - pesawat sederhana - suhu dan kalor - tekanan - tata surya
Siswa mampu memahami tentang:
- getaran dan gelombang - bunyi - optik - listrik dan magnet
Aplikasi
 Mengklasifikasi  Menginterpretasi  Menghitung  Mendeskripsikan  Memprediksi  Mengurutkan  Membandingkan  Menerapkan  Memodifikasi
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: - pengukuran - konsep zat dan wujudnya - zat serta perubahannya - zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika - partikel zat - pencemaran - campuran - larutan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- gerak lurus - hukum newton - usaha dan energi - pesawat sederhana - suhu dan kalor - tekanan - tata surya
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- getaran dan gelombang - bunyi - optik - listrik dan magnet
Penalaran dan logika
 Menemukan  Menyimpulkan  Menggabungkan  Menganalisis  Memecahkan masalah  Merumuskan
Siswa mampu bernalar tentang: - pengukuran - konsep zat dan wujudnya - zat serta perubahannya - zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika - partikel zat - pencemaran - campuran - larutan
Siswa mampu bernalar tentang:
- gerak lurus - hukum newton - usaha dan energi - pesawat sederhana - tekanan - suhu dan kalor
Siswa mampu bernalar tentang:
- getaran dan gelombang - bunyi - optik - listrik dan magnet

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016

sumber : http://un.kemdikbud.go.id/

0 komentar:

Posting Komentar